Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Bekas Luka Mengurangi Rasa Percaya Diri Anda? Kami Hadirkan Solusinya Dengan >> Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Apa Itu Bekas Luka?

Bekas luka atau scar merupakan proses alami penyembuhan luka. Namun, seringkali bekas luka ini menyebabkan kulit menjadi berkurang keindahannya sehingga membuat seseorang yang memiliki bekas luka tidak percaya diri. Terbentuknya bekas luka sebenarnya adalah hal yang wajar dan normal. Ketika kulit mengalami luka, maka tubuh akan mengalami reproduksi banyak kolagen untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Namun, jaringan penyembuhan tersebut tidak selalu mengandung bagian normal dari kulit sehingga warna dan tampilannya sering kali berbeda dengan kulit aslinya.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tampilan luka. Bentuk, ukuran, serta kedalaman luka berkontribusi pada bekas luka selain itu juga warna kulit dan jumlah darah yang mencapai area luka.

Jenis-jenis Bekas Luka

  • Bekas luka hipertrofik. Setelah luka sembuh, bekas luka hipertrofik atau timbul akan segera terbentuk akibat produksi jaringan penghubung dalam jumlah berlebih. Jenis bekas luka ini cenderung menebal dan tampak timbul dibandingkan kulit di sekitarnya, namun tetap terbatas pada daerah kulit yang cedera saja. Faktor-faktor risiko yang dapat mengakibatkan timbulnya bekas luka timbul adalah infeksi dan kurangnya imobilisasi pada luka.
  • Keloid. Keloid dikenal pula sebagai bekas luka tumbuh. Bekas luka ini tumbuh beberapa saat setelah luka sembuh. Akibat adanya produksi jaringan penghubung dalam jumlah berlebih, bekas luka pun tumbuh menutupi luka dan bahkan menyebar pada jaringan kulit sehat. Bekas luka keloid dapat tumbuh lebih luas dari cedera aslinya sendiri. Skar pada berbagai bagian tubuh dengan kulit yang kencang rentan menimbulkan keloid. Seringkali kecenderungan terjadinya keloid merupakan faktor genetik atau keturunan. Keloid lebih sering terjadi 10 kali lipat pada orang yang berkulit gelap daripada orang yang berkulit terang.
  • Bekas luka atrofik. Bekas luka atrofik cenderung tampak kempis atau cekung karena kurangnya kandungan kolagen di dalamnya. Pada bekas luka atrofik, jaringan bekas luka tumbuh menutupi luka, namun jumlah jaringan yang diproduksi tersebut tidak cukup memadai untuk menutupi area kulit yang rusak. Bekas luka atrofik umumnya timbul akibat jerawat atau cacar air.

Adapun tiga fase pembentukan bekas luka diantaranya:

1.) Peradangan

Fase peradangan hanya berlangsung selama 48–72 jam. Luka akan otomatis tertutup melalui pembekuan darah, yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel asing ke dalam organisme, serta mencegah terjadinya infeksi. Faktor-faktor pertumbuhan yang merangsang terbentuknya jaringan baru akan diaktifkan.

2.) Proliferasi sel

Selama kurang lebih 3 hingga 6 minggu, sel akan berkembang biak membentuk susunan jaringan baru untuk menutup luka. Untuk mendorong proses penyembuhan, perawatan dengan Mederma harus mulai diberikan sejak fase ini, sesegera mungkin setelah luka menutup.

3.) Remodeling matriks

Fase terakhir dalam pembentukan bekas luka ini berlangsung selama beberapa bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun. Kulit manusia membutuhkan waktu untuk menyembuhkan lapisan kulit dalam dan untuk membentuk jaringan baru agar luka tertutup secara menyeluruh. Karenanya, bekas luka lama sekalipun harus dirawat dengan Mederma agar tidak terlalu tampak jelas.

Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Bekas luka sebenarnya muncul karena proses alami dari kulit yang ingin memperbaiki sel rusak akibat luka. Setiap luka akan menimbulkan bekas yang berbeda-beda, tergantung dari seberapa parah luka tersebut. Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, tapi nyatanya bekas luka dapat mengganggu kepercayaan diri kita. Apalagi jika berada di bagian tubuh yang mudah terlihat.

1.) Lidah buaya

Hasil gambar untuk lidah buayaMungkin lidah buaya lebih dikenal sebagai perawatan rambut saja. Namun selain baik untuk kesehatan rambut ternyata lidah buaya juga mampu meningkatkan regenerasi sel kulit dan dipercaya ampuh menghilangkan bekas luka. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mengandung beberapa senyawa seperti lignin, vitamin, mineral, saponin, dan aloenin. Tidak hanya menghilangkan bekas luka saja, lidah buaya diketahui mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegah inflamasi jika dipakai secara rutin.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya:

  • Ambil gel dari satu batang lidah buaya yang masih segar. Hati-hati jangan sampai kulit Anda terkena getahnya karena dapat menyebabkan gatal
  • Oleskan langsung ke bagian bekas luka setiap sehabis mandi. Kemudian biarkan sampai mengering agar terserap optimal
  • Lakukan perawatan dengan lidah buaya ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari agar bekas luka cepat hilang.
2.) Minyak kelapa

Hasil gambar untuk minyak kelapaMinyak kelapa mengandung asam lemak rantai medium termasuk palmitat yang berperan sebagai pemicu produksi kolagen, menghaluskan bekas luka, serta mempercepat proses penyembuhan luka baru. Minyak kelapa juga diketahui mengandung protein nabati yang juga dapat membantu mengoptimalkan regenerasi sel baru.

Cara alami menghilangkan bekas luka dengan minyak kelapa:

  • Hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil dengan menggunakan microwave atau alat pemanas lainnya.
  • Selagi masih hangat oleskan minyak kelapa tadi ke bagian bekas luka Anda sambil memijatnya lembut dengan gerakan memutar.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari selama kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.
3.) Daun pare

Hasil gambar untuk daun pareTanaman ini terkenal dengan buahnya yang pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit ternyata tanaman ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Buah pare seringkali di ekstrak menjadi obat herbal. Perlu Anda ketahui tanaman pare tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, daunnya juga memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan vitamin E yang berkhasiat memudarkan pigmen penyebab bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka alami dengan daun pare:

  • Sediakan beberapa lembar daun pare yang masih segar. Selanjutnya cuci bersih dan haluskan dengan cara menumbuk atau memakai blender.
  • Peraslah halusan daun pare tadi. Lalu campur hasil perasannya dengan tepung beras hingga membentuk adonan yang mirip pasta.
  • Oleskan obat penghilang bekas luka alami tersebut secara rutin sehabis mandi kurang lebih 1-2 jam. Akhiri dengan membilas air hangat sampai bersih.
4.) Bawang putih

Gambar terkaitBawang putih memang lebih dikenal sebagai bahan masakan. Namun selain dijadikan sebagai bahan masakan ternyata bawang putih mengandung segudang manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah, bawang putih mampu mencegah efek buruk dari radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu bawang putih diketahui mampu memperlambat penurunan kolagen pada kulit yang berujung pada hilangnya elastisitas kulit. Tercukupinya kolagen inilah yang lama kelamaan akan menyamarkan bekas luka yang ada di kulit kita.

Cara menghilangkan bekas luka dengan bawang putih:

  • Potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian yang sama besar.
  • Gosokan potongan tersebut ke bagian bekas luka yang sudah dibersihkan.
  • Lakukan dengan gerakan memutar selama 5 menitan. Bila perlu pijat lembut agar senyawa bawang putih dapat terserap optimal.
  • Untuk hasil terbaik silahkan terapkan secara rutin 1x sehari selama sebulan.

Catatan: disarankan agar tidak menggunakan bawang putih untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Karena menurut pengalaman pribadi, penggunaan bawang di bagian wajah dapat membuat kulit seperti terbakar.

5.) Kentang dan jeruk nipis

Hasil gambar untuk kentang dan jeruk nipisSari kentang ternyata dapat membantu membuat kulit lebih mulus dan bebas dari bekas luka. Kentang ini cocok digunakan untuk menghilangkan luka knalpot atau luka karena terkena benda panas lainnya. Sebab ia mengandung vitamin C dan E yang berperan dalam memudarkan flek hitam di permukaan kulit. Kombinasikan dengan jeruk nipis untuk mendapatkan khasiat lebih optimal.

Cara menghilangkan bekas luka dengan kentang dan nipis:

  • Haluskan kentang yang sudah dikupas bersih dengan menggunakan blender.
  • Campurkan bersama dengan perasan jeruk nipis sampai menjadi adonan yang mirip pasta.
  • Langsung saja oleskan keseluruh bagian bekas luka. Lalu diamkan selama kurang lebih 30-60 menit sampai benar-benar meresap.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan lakukan secara rutin minimal 1x sehari.
6.) Buah mengkudu

Hasil gambar untuk mengkuduDi beberapa daerah buah ini disebut juga dengan buah noni. Buah mengkudu sudah dikenal akan khasiatnya sejak jaman dulu. Hingga sekarang, buah ini banyak di ekstrak ke dalam beberapa obat-obatan. Termasuk yang paling sering diolah menjadi obat asam urat dan diabetes yang ada di apotik.

Penelitian membuktikan, buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya juga berguna untuk menghilangkan bekas luka bakar di kaki, tangan, ataupun bagian lainnya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan mengkudu:

  • Haluskan buah mengkudu yang sudang matang dengan menggunakan blender.
  • Oleskan langsung ke bagian bekas luka yang telah dibersihkan. Diamkan sejenak kurang lebih 1-2 jam agar dapat meresap.
  • Jika sekiranya sudah bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan setiap habis mandi secara rutin setiap harinya.
Baca juga : Obat Alami Menghilangkan Bekas Luka 

#KETAHUI

Selain dengan melakukan tips alami diatas, bekas luka juga dapat dihilangkan dengan Obat Alami Menghilangkan Bekas Luka. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif penyembuhan bekas luka. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi atau digunakan karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Menghilangkan Bekas Luka

Atau pesan langsung  Obat Alami Menghilangkan Bekas Luka

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Walatra Sehat Alami – Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments
About CS Walatra Herbal 207 Articles
Pusat Penjualan Produk Berkah Walatra