Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh Anda mudah terserang penyakit? Sadari pentingnya sistem kekebalan dalam tubuh!

Apa Itu Sistem Imunitas?

Sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan dalam tubuh sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan patogen termasuk virus, bakteri, protozoa, dan parasit. Sistem imun juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas dan melawan sel yang dapat mentransformasi menjadi tumor.

Pertahanan awal terhadap organisme asing adalah jaringan terluar dari tubuh yaitu kulit, permukaan mukosa pencernaan, dan permukaan mukosa saluran pernapasan. Sistem tersebut memiliki banyak sel termasuk makrofag dan neutrofil (keduanya adalah fagosit) yang siap melumat organisme lain pada saat terjadi penetrasi pada permukaan kulit. Pertahanan kedua adalah sistem imun adaptif. Walaupun sistem pada keduanya mempunyai fungsi yang sama, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok, antara lain :

  • Sistem imun adaptif tidak dapat terpicu secepat sistem imun bawaan
  • Sistem imun adaptif hanya merespon imunogen tertentu, sedangkan sistem imun bawaan merespon nyaris seluruh antigen.
  • Sistem imun adaptif menunjukkan kemampuan untuk “mengingat” imunogen penyebab infeksi dan reaksi yang lebih cepat saat terpapar lagi dengan infeksi yang sama. Sistem imun bawaan tidak menunjukkan bakat immunological memory.

Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memiliki berbagai fungsi, diantaranya :

  1. Melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit
  2. Penangkal benda asing yang masuk ke dalam tubuh
  3. Menghancurkan mikroorganisme asing (bakteri, parasit, dan jamur)
  4. Menjaga keseimbangan komponen tubuh yang telah tua
  5. Menghilangkan sel yang mati untuk perbaikan jaringan
  6. Pendeteksi adanya sel-sel abnormal, termutasi, atau ganas, serta menghancurkannya

Namun jika sistem imun tubuh melemah atau mengalami masalah maka tubuh akan mudah dan lebih sering terserang penyakit. Melemahnya sistem imun tubuh biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin dan mineral pada tubuh, kurangnya waktu istirahat, pola hidup tidak sehat, merokok dengan berlebihan, terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan menggunakan obat-obatan.

Penyakit Pada Sistem Kekebalan Tubuh

Gangguan atau penyakit pada sistem kekebalan terjadi ketika :

  • Tubuh menghasilkan reaksi kekebalan melawan dirinya sendiri (gangguan autoimun).
  • Tubuh tidak dapat menghasilkan reaksi kekebalan yang sesuai untuk melawan serangan mikroorganisme (gangguan imunodefisiensi).
  • Reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan meskipun terhadap antigen asing yang tidak berbahaya hingga merusak jaringan-jaringan normal (reaksi alergi).

Berikut adalah beberapa penyakit pada sistem kekebalan tubuh manusia :

Gambar terkait

  • Myasthenia gravis. Myasthenia gravis adalah antibodi yang menyerang otot lurik dan menyebabkan berkurangnya kemampuan otot untuk bergerak.
  • Lupus. Lupus adalah antibodi menyerang sel-sel tubuh yang dianggap sebagai sel asing.
  • Addison’s disease, yaitu antibodi menyerang kelenjar adrenalin. Penyakit ini bisa disebabkan karena infeksi pada kelenjar adrenalin. Namun ditemukan juga sebab yang lain, yaitu antibodi menyerang sel-sel yang menghasilkan hormon adrenalin.
  • Multiple sclerosis, yaitu antibodi menyerang jaringan saraf di otak dan tulang belakang.
  • Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), adalah penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

1.) Tidur Berkualitas

Hasil gambar untuk tidur berkualitas

Tidur berkualitas disini artinya tidur dengan waktu yang cukup dan teratur. Selain itu, Anda juga perlu mengelola tingkat stress untuk membantu mengendalikan kadar kortisol. Kortisol sendiri merupakan suatu hormon steroid dalam tubuh yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada bagian atas masing-masing ginjal yang akan dilepaskan sebagai respon terhadap peristiwa atau kondisi semacam kurang tidur atau stres. Kortisol sebenarnya memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh, namun sewaktu-waktu efek antiradang ini juga dapat menekan atau mengganggu sistem imun. Sistem imun yang terganggu akan membuat Anda rentan terhadap flu dan penyakit lainnya, juga cenderung mudah alergi terhadap makanan serta beresiko lebih besar mengalami berbagai masalah saluran pencernaan. Jadi tidur dengan waktu yang cukup dan mengontrol stres sangat penting untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

2.) Tingkatkan Asupan Vitamin C

Hasil gambar untuk Tingkatkan Asupan Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat telah lama dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Vitamin C dapat berfungsi menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel jahat yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa suplemen vitamin C mampu membantu meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh. Walaupun dosis atau kadar kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, pada pria dewasa umumnya dianjurkan mengkonsumsi 90 mg vitamin C setiap hari, sementara wanita dewasa sebaiknya mendapatkan minimal 75 mg per-hari. Untuk mendapatkan asupan vitamin C ini Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk ataupun kentang.

3.) Konsumsi Susu Fermentasi (Yoghurt)

Hasil gambar untuk susu fermentasi

Menjaga saluran pencernaan merupakan bagian penting dalam membangun sistem imun yang kuat karena 70-80% sistem imun dalam tubuh kita terletak di sepanjang usus. Ketidak seimbangan komposisi bakteri dalam usus dapat mempengaruhi komposisi kimiawi dalam sistem imun sehingga menyebabkan tubuh sangat rentan terserang penyakit. Asupan susu fermentasi atau yoghurt setiap pagi dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dengan suplai probiotik, atau bakteri baik. Penelitian juga menunjukan bahwa suplemen probiotik dapat menurunkan insidensi infeksi saluran pernafasan dan pencernaan. Produk susu fermentasi juga diketahui dapat mengurangi infeksi saluran napas pada orang dewasa dan anak-anak.

4.) Menggunakan Bawang Putih

Hasil gambar untuk bawang putih

Selain sebagai bahan masakan, bawang putih memang sudah sejak lama dikenal memiliki khasiat yang beragam salah satunya meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Bawang putih mampu memperkuat imun tubuh karena didalamnya terdapat senyawa yang mengandung konsentrasi sulfur tinggi yaitu allicin. Allicin diketahui memiliki fungsi menghancurkan bakteri dan infeksi dalam tubuh dengan alami. Selain meningkatkan sistem imun dalam tubuh, ternyata bawang putih juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara meregulasi hormon dan menurunkan tekanan darah.

5.) Mengkonsumsi Campuran Lemon, Jahe, Madu, dan Kunyit

Gambar terkait

Jahe sering dikonsumsi oleh orang yang terkena pilek dan flu. Padahal, seperti halnya vitamin C, jahe sangat baik dalam mencegah pilek dan flu sebelum penyakit tersebut menyerang.Jahe memiliki bahan antimikroba yang ampuh. Jahe juga kaya akan antioksidan dan mineral. Minuman jahe sangat nikmat dikonsumsi di musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh, serta membantu mencegah serangan penyakit di musim hujan.

Jeruk lemon sendiri menurut Mayo Clinic dapat digunakan untuk antioksidan dan mencegah demam. Terakhir, kandungan curcumin di dalam kunyit dapat mengatur daya tahan tubuh. Cara membuat ramuan nya sangat mudah, Anda hanya perlu merebus keseluruhan bahan tersebut dengan air hangat. Setelah selesai, saring untuk memisahkan air racikannya. Lalu konsumsi setelah racikan tersebut terasa hangat.

6.) Konsumsi Buah Alpukat

Hasil gambar untuk alpukat

Alpukat mengandung vitamin B1, C, A, dan mineral-mineral lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara natural.

Selain mengandung beta-carotene, alpukat juga mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.

7.) Rutin Olahraga

Hasil gambar untuk olahraga

Gerak tubuh dan olahraga yang rutin setiap harinya akan meningkatkan metabolisme tubuh secara umum, membantu menjaga kebugaran tubuh, serta memperkuat sistem pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama dengan mengikuti latihan lengkap di pusat kebugaran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berlatih yoga juga dapat membuat sistem imun Anda stabil.

8.) Minum Cukup Air Putih

Hasil gambar untuk minum air putih

Anda pernah merasakan letih meski tidak beraktivitas? Salah satu penyebabnya adalah kurang minum air putih. Kekurangan asupan cairan bisa mengakibatkan tubuh lemah.

Karena itu, cobalah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Kebiasaan ini efektif membentuk sistem imun di dalam tubuh. Anda harus minum sedikitnya delapan gelas sehari, walau kini beberapa pakar mencoba mengoreksinya. Teori terbaru, minumlah air separuh berat tubuh Anda dalam sehari.

Baca Juga : Obat Alami Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas


#KETAHUI

Selain dengan melakukan tips atau cara alami diatas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga dapat Anda lakukan dengan mengkonsumsi Obat Alami Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi atau digunakan karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas

Atau pesan langsung Obat Alami Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Walatra Sehat Alami Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments
About CS Walatra Herbal 207 Articles
Pusat Penjualan Produk Berkah Walatra