Cara Jitu Mengobati Dakriosistitis Dengan Alami

Mata Bengkak Dan Selalu Mengeluarkan Air? WASPADA! Penyakit Mata Dakriosistitis
Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya? Simak Hingga Tuntas >> Tips Mengobati Mata Dakriosistitis Secara Alami

Sekilas Tentang Mata Bengkak Dan Berair

Sebenarnya mata bengkak dan berair adalah gejala dari salah satu penyakit mata yaitu dakriosistitis. Penyakit mata dakriosistitis sendiri merupakan istilah medis bagi kondisi infeksi saluran kantung air mata. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada saluran air mata sehingga terjadi penyumbatan dan dapat memicu pertumbuhan bakteri yang tidak terkontrol. Setiap kali mengedip, air mata akan menyebar ke permukaan mata. Untuk membuat air mata baru, cairan keluar dari mata menuju lubang kecil yang disebut pungta, pada sudut atas dan bawah kelopak mata. Kemudian mengalir melalui saccus nasolakrimalis dan menuju duktus nasolakrimalis, menuju ke hidung. Kondisi penyakit mata dakriosistitis lebih umum dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria.

Gejala Penyakit Mata Dakriosistitis

Gejala dan identifikasi penyakit mata dakriosistitis yang umum sekali timbul antara lain :

  • Nyeri dan kemerahan di sekitar kantung air mata
  • Mata semakin terlihat membengkak
  • Mata mengeluarkan air dengan volume yang tidak normal
  • Tidak jarang pada beberapa kasus kantung mata akan mengeluarkan nanah
  • Mengalami demam
  • Kadang infeksi menyebabkan tertahannya air mata di dalam kantong air mata sehingga terbentuk kantong
  • yang berisi cairan (mukokel di bawah kulit.
  • Infeksi berulang bisa menyebabkan penebalan dan kemerahan di atas kantong air mata.
  • Bisa terbentuk kantong nanah (abses) yang kemudian pecah dan mengeluarkan nanahnya.
  • Penglihatan terganggu.

Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Dirumah Untuk Meringankan Gejala Penyakit Mata Dakriosistitis

Kompres Hangat Untuk Mengurangi Mata Bengkak Dan Merah

Kompres hangat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mata bintitan atau penyakit mata merah (konjungtivitis). Panas dari kompres hangat meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut dan meningkatkan penyembuhan. Kompres hangat juga membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak dan mencegah infeksi lebih lanjut.

➭ Celupkan handuk bersih bebas serat dalam air panas dan peras kelebihan cairan tersebut.
➭ Tahan kain hangat dan basah ini pada kelopak mata tertutup selama 5 menit sekaligus. Ulangi beberapa kali.
➭ Bersihkan debris berminyak atau kerak air yang terkumpul pada kelopak mata atau bulu mata menggunakan kain bersih.
➭ Lakukan cara ini beberapa kali sehari sampai kamu merasa lebih baik.

Eyebright Dapat Membantu Membersihkan Infeksi Pada Mata

Eyebright (Euphrasia atau tanaman yang digunakan untuk kesehatan mata) adalah obat herbal lain yang efektif untuk mengatasi infeksi mata dan iritasi, terutama konjungtivitis atau mata merah. Kekuatan melawan infeksi dan pengering cairan dari tanaman eyebright mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penyebaran infeksi. Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Jurnal Kedokteran Alternatif dan Komplementer mencatat bahwa tetes mata dosis tunggal euphrasia efektif untuk berbagai kondisi konjungtivis.

➭ Rendam 1 sendok teh herbal eyebright dalam 1 cangkir air mendidih selama sekitar 10 menit. Biarkan hingga dingin, kemudian saring menggunakan kain tipis yang bersih. Gunakan larutan ini sebagai cuci mata, beberapa kali sehari.
➭ Kamu juga dapat menggunakan tetes mata homeopati euphrasia 10% untuk mengatasi gangguan atau peradangan mata. Gunakan satu tetes pada masing-masing mata beberapa kali sehari setiap hari sampai infeksi tersebut hilang.

Larutan Garam Dapat Mengatasi Mata Gatal Dan Meradang

Kamu dapat menggunakan larutan garam buatan sendiri untuk mengatasi infeksi mata. Bilas dengan larutan garam baik untuk mata iritasi, meradang dan gatal. Larutan ini membantu membersihkan kotoran yang terkumpul di mata dan mengontrol infeksi, sehingga memastikan bahwa infeksi tersebut tidak menyebar.

➭ Campurkan 1 sendok teh garam dalam 1 cangkir air.
➭ Rebus larutan tersebut dan biarkan benar-benar dingin.
➭ Gunakan untuk membilas mata yang terkena secara menyeluruh.
➭ Lakukan pengobatan rumahan ini beberapa kali sehari.

Mengatasi Infeksi Mata Dengan Koloid Perak

Koloid perak juga dapat digunakan untuk mengurangi iritasi mata dan gatal yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Koloid perak mengandung partikel perak kecil yang tersuspensi dalam air yang, bila digunakan sebagai obat tetes mata, koloid perak tersebut mengangkat sel yang terinfeksi dengan menarik mereka secara elektromagnetik. Sel-sel yang terinfeksi ini kemudian dikirim ke dalam aliran darah untuk dihilangkan.

➭ Teteskan 2 tetes koloid perak pada masing-masing mata dan berkedip sedikit. Gunakan dua kali sehari sampai infeksi hilang.
➭ Pilihan lain adalah dengan membeli salep koloid perak yang dijual bebas di pasar dan mengoleskannya di sekitar mata untuk mencegah gatal-gatal.

Gunakan Madu Untuk Membunuh Pertumbuhan Infeksi

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri berbahaya di mata yang mungkin menyebabkan infeksi. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Kornea menyoroti efek antibakteri madu pada flora mata pada defisiensi air mata dan penyakit kelenjar meibom. Untuk hasil terbaik, gunakan madu manuka atau madu organik.

➭ Campurkan secara menyeluruh madu dan air suling dengan bagian yang sama. Gunakan bola kapas bersih, oleskan larutan ini pada mata. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali sehari sampai gejala telah hilang.
➭ Kamu juga dapat meneteskan satu tetes madu langsung di mata. Melalui air mata alami, madu akan membantu menyingkirkan debris atau kotoran pada mata. Gunakan 2 atau 3 kali sehari.

Teh Hijau Dapat Membantu Melindungi Mata Dari Infeksi

Teh hijau kaya akan asam tanat yang dapat membantu mencegah infeksi. Teh hijau dapat memberikan keringanan dari mata gatal serta mengurangi bengkak di bawah mata. Juga mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang berkontribusi terhadap kesehatan mata secara keseluruhan. Rendam 2 kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa detik.

➭ Angkat dari air, peras kelebihan air dan letakkan kedua teh dan kantong teh tersebut di lemari es untuk mendinginkannya.
➭ Pertama, gunakan teh dingin untuk mencuci mata.
➭ Kemudian, letakkan kantong teh dingin dan basah pada mata tertutup selama 10 sampai 15 menit.
➭ Ulangi hingga 3 kali sehari sampai gejala hilang.
➭ Selain kantong teh hijau, kamu dapat menggunakan kantong teh hitam.

Kamomil Juga Mampu Mengatasi Mata Bengkak Dan Merah

Kamomil dikenal akan sifat anti-iritasi, anti-inflamasi dan antimikroba yang dikandungnya, sehingga sangat efektif untuk mengobati mata merah (konjungtivitis). Sifat penyejuk dan menenangkan yang dimiliki kamomil membantu mengurangi kemerahan, iritasi dan bengkak di bawah mata.

➭ Letakkan 1 sendok teh bunga kamomil kering dalam secangkir air disaring yang mendidih. Tutup dan rendam selama 5 menit. Saring dan biarkan dingin hingga suhu kamar. Gunakan larutan ini untuk membersihkan mata bagian dalam serta luar. Ulangi setiap beberapa jam sepanjang hari.
➭ Kamu juga dapat meletakkan bekas kantong teh kamomil dalam lemari es. Letakkan pada kelopak mata tertutup selama tidak lebih dari 10 menit sekaligus untuk membantu mengurangi pembengkakan. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

Mengatasi Infeksi Mata Dengan Asam Borat

Asam borat dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan infeksi mata, seperti kemerahan, kering, sensasi terbakar dan mata berair. Sifat antibakteri dan antijamurnya yang ringan membantu mengobati infeksi dan meredakan iritasi.

➭ Campurkan seperdelapan sendok teh asam borat golongan obat dalam 1 cangkir air yang disaring.
➭ Didihkan larutan ini, kemudian biarkan hingga dingin.
➭ Saring larutan melalui kain tipis yang bersih.
➭ Gunakan larutan sebagai pencuci mata.
➭ Ulangi hingga 3 kali sehari. Gunakan larutan baru setiap kali mencuci mata.

Catatan : Sensasi sedikit menyengat atau terbakar dapat terjadi dengan penggunaan asam borat, tapi sensasi tersebut akan segera pergi.

Cuka Sari Apel Juga Dipercaya Mampu Melawan Infeksi Bakteri

Untuk mengobati mata merah, cuka sari apel sangat efektif. Asam malat dalam cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi bekerja seperti agen antimikroba, yang membantu melawan infeksi bakteri. Bahkan membantu menghilangkan kuman dan kotoran pada mata untuk meningkatkan penyembuhan.

➭ Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel murni mentah dalam segelas air yang disaring. Celupkan bola kapas dalam larutan ini.
➭ Gunakan untuk mencuci bagian luar mata yang terinfeksi secara menyeluruh.
➭ Ulangi setiap beberapa jam selama beberapa hari.

► Ketahui ! ◄

Mengkonsumsi Obat Alami Mata Dakriosistitis juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit mata dakriosistitis. Hal tersebut karena obat yang terbuat dari 100% bahan alami akan memberikan penanganan dan penyembuhan penyakit mata dakriosistitis secara total, aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Artikel terkait : Obat Alami Mata Dakriosistitis


Ingin Tahu Lebih Detail Obat Alami Penyakit Mata Dakriosistitis?

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Walatra Sehat Alami  –  Obat Alami Mata Dakriosistitis
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments
About CS Walatra Herbal 188 Articles
Pusat Penjualan Produk Berkah Walatra