Cara Alami Mengobati Sembelit (Konstipasi)

Perut Terasa Sakit Dan Susah BAB? WASPADA Sembelit! Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya? Ikuti Sampai Tuntas >> Cara Alami Mengobati Sembelit (Konstipasi)

Definisi Singkat Sembelit

Sembelit merupakan salah satu kondisi dimana pergerakan usus mengalami penurunan atau sulit buang air besar dengan waktu yang cukup lama. Sembelit terkenal juga dengan istilah konstipasi yang umum diartikan dengan kondisi buang air besar kurang dari 3 kali dalam satu minggu. Berdasar pada riset, diketahui di Indonesia sendiri angka kejadian dan penderita sembelit berkisar 80% . Sembelit umum sekali terjadi pada remaja berusia 16 tahun hingga orang tua.Sayang sekali, sebagian besar penderita sembelit sering kali mengabaikan kondisinya. Padahal, mengabaikan kondisi sembelit sama saja dengan mengundang kedatangan penyakit lain. Adapun konstipasi yang lebih parah, dan biasanya sering disebut dengan obstipasi. Obstipasi yang cukup parah diketahui dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Gejala Penyakit Sembelit

Gejala yang umum dialami oleh penderita sembelit biasanya diatandai dengan :

  • Perut terasa begah, penuh, dan terasa kaku
  • Tinja lebih keras, panas, dan berwarna gelap
  • Sulit buang air besar
  • Tak jarang perut mengeluarkan bunyi
  • Anus terasa penuh dan seperti ada yang mengganjal
  • Menurunnya frekuensi BAB
  • Pada kondisi yang parah penderitanya akan mengalami mual dan ingin muntah
  • Sakit pada area punggung
  • Sering merasakan kram pada perut
  • Nafsu makan menjadi turun
  • Aroma mulut menjadi kurang sedap
  • Tidak jarang disertai dengan demam
  • Tubuh akan mudah letih dan lesu.

Baca juga : Sembelit Pada Sistem Pencernaan

Komplikasi Yang Ditimbulkan Sembelit

Saat seseorang menderita penyakit kronis,kemungkinan besar penderita sembelit juga akan mengalami beberapa komplikasi sebagai berikut :

  • Luka pada anus akibat terlalu memaksa atau membuang tinja yang keras
  • Kotoran bertumpuk pada usus besar yang bisa memicu penyumbatan hingga peradangan pada usus besar
  • Dapat memicu wasir atau pembengkakan pada pembuluh darah dianus
  • Penurunan letak saluran pembuangan (prolaps rektum), mengejan terlalu keras menyebabkan bagian dari saluran pembuangan keluar ke anus.

Pengobatan Sembelit (Konstipasi) Secara Alami Dapat Dilakukan Dengan Beberapa Cara Berikut 

▎Minum Air Putih Lebih Banyak

Selain kadar air yang terlalu sedikit pada makanan, tubuh yang kekurangan cairan atau kondisi dehidrasi akan menyerap air lebih banyak dari makanan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya konsumsilah air hingga memenuhi kebutuhan harian Anda atau sekitar dua liter per hari. Konsumsi air ber karbon atau air soda juga efektif mencegah dehidrasi, namun hindari minuman soft drink karena dapat memperburuk kondisi sembelit.

▎ Biasakan Mengkonsumsi Makanan Berserat

Makanan kaya serat cenderung lebih baik untuk menjaga kesehatan usus karena mempermudah pergerakan usus dan lebih mudah dicerna. Namun hal tersebut juga dapat memperburuk kondisi sembelit, bergantung kadar air dalam asupan dan jenis serat yang Anda makan. Dalam mengatasi sembelit, pilihlah serat yang sulit larut yang berasal dari gandum dan sayuran, karena lebih padat sehingga memudahkan usus untuk menggerakannya. Perlu diingat, jika Anda memiliki penyakit yang menghambat pergerakan usus seperti inflammatory bowel syndrome (IBS), batasi konsumsi serat dan perbanyak minum air.

▎Minum Kopi Alami (Tanpa Gula) Baik Untuk Usus

Bagi sebagian orang, konsumsi kopi dapat memicu pergerakan otot usus seperti saat mengonsumsi makanan. Kandungan kafein pada kopi juga membantu usus agar tetap aktif lebih baik dari air minum. Kopi juga mengandung serat dalam jumlah yang sedikit namun dapat membantu keseimbangan bakteri usus.

▎ Mengkonsumsi Yogurt Atau Tempe

Kondisi sembelit seringkali disertai dengan bakteri usus yang tidak seimbang. Bakteri usus diperlukan untuk produksi asam lemak dan asam laktat untuk memudahkan usus memindahkan bahan makanan yang telah dicerna. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung probiotik seperti tempe dan yogurt.

▎Aktivitas Fisik Atau Olahraga

Beraktivitas fisik membantu tubuh menyerap makanan lebih baik dengan menjaga usus tetap aktif bergerak. Suatu hasil penelitian menunjukkan, aktif beraktivitas fisik dapat mengurangi dampak sembelit meskipun tidak meningkatkan frekuensi buang air. Hal ini tidak harus dilakukan dengan intensitas yang tinggi, aktif bergerak seperti berjalan kaki secara rutin dapat membantu atasi sembelit.

▎Kurangi Mengkonsumsi Makanan Hasil Olahan Susu

Kondisi sembelit dapat disebabkan oleh intoleransi laktosa yang menghambat pergerakan usus. Jika Anda mengalami kondisi ini, cobalah berhenti konsumsi produk olahan susu kecuali yoghurt dalam beberapa waktu untuk mengetahui apakah benar konsumsi olahan susu yang menjadi penyebabnya.

Gunakan Obat Alami Sebagai Alternatif Terakhir

Jika seusai melakukan beberapa cara diatas namun sembelit yang anda derita tidak kunjung sembuh, obat alami hadir sebagai rekomendasi yang paling dianjurkan. Karena alami merupakan salah satu pengobatan paling aman, efektif dan tidak akan menimbulkan efek samping. Banyak sekali keunggulan melakukan pengobatan dan perawatan dengan obat herbal atau Obat Alami Sembelit (Konstipasi)Obat alami tidak hanya berguna sebagai pengobatan, namun bisa anda gunakan juga sebagai perawatan kesehatan sistem pencernaan.

Artikel terkait : Obat Alami Sembelit (Konstipasi)


Ingin Tahu Lebih Detail Obat Alami Sembelit (Konstipasi)?

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Walatra Sehat Alami  –  Obat Alami Sembelit (Konstipasi)
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments
About CS Walatra Herbal 188 Articles
Pusat Penjualan Produk Berkah Walatra