WASPADAI! Bahaya Radang Mata (Uveitis)

Anda Merasa Terganggu Dengan Kondisi Mata Anda? Pandangan Buram Disertai Dengan Bercak Yang Melayang? WASPADAI! Gejala Tersebut Merupakan Indikasi Radang Mata Atau Uveitis
Apakah Uveitis Berbahaya? Mari Simak >> Bahaya Radang Mata (Uveitis) Untuk Mendapatkan Jawabannya

Definisi Singkat Uveitis Atau Peradangan Mata

Uveitis merupakan salah satu penyakit radang pada mata yang memicu pembengkakan dan kerusakan jaringan mata. Peradangan ini meliputi lapisan tengah pada mata yang disebut dengan uvea. Uvea sendiri mencakup iris, selaput tipis pada mata yang mengandung pembuluh darah (koroid), dan bagian mata yang menyambungkan seluruh bagian jaringan mata atau disebut dengan badan silinder. Menurut letak peradangannya, uveitis terdiri jadi 4 jenis yaitu :

Uveitis anterior ⇒ peradangan pada iris mata dan badan silinder
Uveitis intermediet ⇒ perangan pada tubuh siliari
Uveitis posterior ⇒ peradangan pada koroid mata
Uveitis difus/panuveitis ⇒ peradangan yang meliputi seluruh area uvea

Uvea merupakan salah satu bagian penting pada mata, gangguan pada uvea mata akan mempengaruhi penglihatan mata bahkan bisa sampai membuat penderitanya kehilangan penglihatan.

Penyebab Uveitis Pada Mata

Uveitis pada umumnya memiliki berbagai macam faktor penyebab yang berbeda seperti akibat infeksi virus, jamur, dan bakteri. Namun pada beberapa kasus penyakit uveitis tidak diketahui penyebabnya. Beberapa sebagian besar kasus uveitis juga seringkali dikaitkan dengan masalah autoimun atau suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri.

Beberapa diantara penyebab dari masalah autoimun adalah :

  • Peradangan sendi
  • Peradangan kulit
  • Peradangan sendi tulang belakang
  • Sarkoidosis atau peradangan yang muncul di berbagai bagian tubuh, seperti paru-paru, kelenjar getah bening, mata, dan kulit
  • Peradangan dinding pembuluh darah
  • Peradangan pada usu besar
  • Peradangan di dalam saluran pencernaan, mulai dari mulut hingga anus.

Selain faktor tersebut uveitis juga dapat disebabkan oleh :

  • Cedera akibat operasi
  • Kanker pada mata
  • Infeksi yang meliputi herpes, TBC, sifilis
  • Akibat racun yang terpapar pada mata.

Artikel terkait : Obat Alami Peradangan Mata (Uveitis)

Apa Saja Gejala Yang Ditimbulkan Uveitis?

Penyakit mata uveitis dapat ditandai dengan gejala-gejala yang meliputi :

  • Penurunan daya penglihatan
  • Bercak yang melayang dan mengikuti penglihatan mata
  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya
  • Nyeri pada area mata
  • Pandangan menjadi buram atau tidak fokus
  • Mata mengalami iritasi atau kemerahan.

WASPADAI! Bahaya Radang Mata Atau Uveitis 

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala lain yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran karena mengalami beberapa gejala tersebut, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi uveitis. Jika uveitis tidak segera ditangani maka kemungkinan besar penderitanya akan mengalami :

Edema Makula

Edema makula adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan hilangnya visual yang substansial. Edema makula sendiri merupakan istilah untuk membangun cairan di bagian belakang mata di sekitar makula retina kita. Selain bisa menyebabkan hilangnya penglihatan permanen, makula juga kemungkinan besar akan berlubang yang menyebabkan daerah penglihatan pada retina ikut menghilang.

 Mata Katarak

Kondisi ini sangat umum terjadi pada orang yang memiliki uveitis, sehingga teknik untuk operasi katarak dan manajemen perioperatif telah meningkat pesat. Peradangan di mata bisa menyebabkan kebutaan lensa (pembentukan katarak). Perubahan pada lensa mata katarak menyebabkannya menjadi kurang transparan dan membentuk penglihatan keruh atau berkabut.

 Glaukoma

Glaukoma merupakan kondisi peradangan mata. Kondisi glaukoma ini dapat menyebabkan tekanan di mata meningkat yang akhirnya memicu risiko pembentukan glaukoma. Penggunaan steroid juga bisa menjadi faktor pemicu tekanan pada mata secara tiba-tiba, terutama jika sudah memiliki lebih dulu glaukoma.

Detasemen Retina/Ablasio Retina

Detasemen retina merupakan peradangan mata yang menimbulkan penarikan pada retina, sehingga retina hilang atau terlepas dari pembuluh darah di bawahnya. Kondisi ini menyebabkan mata mengalami seperti dalam keadaan lampu berkedip serta gangguan penglihatan lainnya.

Pembentukan Synechia

Istilah pembentukan synechia ini diberikan pada kondisi jaringan yang bisa terbentuk antara iris dan lensa menjadi menempel karena peradangan.

Ketahui ! Uveitis Dapat Ditangani Dengan Beberapa Langkah Berikut Ini

Pengobatan uveitis lebih umumnya lebih difokuskan untuk mengurangi peradangan pada mata. Diantaranya dengan melalui beberapa alternatif berikut ini :

Mengkonsumsi Obat-obatan

Obat-obatan seperti obat untuk mengurangi peradangan misalnya kortikosteroid, obat ini bekerja dengan cara menghambat sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan bahan kimia yang mungkin menyebabkan peradangan. Kortikosteroid biasanya disediakan dalam beragam bentuk seperti tetes mata, suntikan, dan tablet atau kapsul. Penderita uveitis biasanya juga disarankan mengkonsumsi obat untuk melawan bakteri atau virus. Jika uveitis disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan memberikan obat antibiotik atau antivirus untuk mengendalikan infeksi.

Melakukan Operasi

Prosedur operasi biasanya dilakukan jika kondisi uveitis sudah cukup parah atau sudah tidak mempan jika hanya menggunakan obat. Operasi bisa dilakukan menggunakan metode vitrektomi, yaitu operasi bedah mata untuk mengambil cairan vitreus pada mata. Operasi penanaman sebuah alat pada mata juga sering kali menjadi alternatif pada kasus ini. Bagi penderita uveitis posterior yang sulit diobati, sebuah alat akan ditanam di mata untuk menyalurkan obat kortikosteroid secara perlahan ke dalam mata. Pengobatan ini umumnya berlangsung selama 2-3 tahun. Lamanya pengobatan uveitis biasanya tergantung pada jenis uveitis dan tingkat keparahan gejala. Uveitis posterior membutuhkan proses penyembuhan yang lebih lama dibandingkan uveitis anterior.

Mengkonsumsi Obat Herbal

Obat herbal hadir sebagai rekomendasi yang paling dianjurkan. Karena herbal merupakan salah satu pengobatan paling aman, efektif dan tidak akan menimbulkan efek samping. Banyak sekali keunggulan melakukan pengobatan dan perawatan dengan obat herbal atau Obat Alami Peradangan Mata (Uveitis) Paling Ampuh.

Ingin Tahu Lebih Detail Obat Alami Peradangan Mata (Uveitis)?

 

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Walatra Sehat Alami  – WASPADAI! Bahaya Radang Mata (Uveitis)
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    bahaya spam, bahaya tdk radang mata, radang mata
About CS Walatra Herbal 186 Articles
Pusat Penjualan Produk Berkah Walatra