Bahaya dan Pencegahan Tetanus

Bahaya dan Pencegahan Tetanus – Tetanus merupakan kejang yang bersifat spasme atau kaku otot yang dimulai pada rahang dan leher. Kondisi ini disebabkan oleh racun bahaya bakteri Clostridium tetani yang masuk kedalam saraf tubuh melalui luka kotor. Clostridium tetani dapat bertahan hidup diluar tubuh dalam bentuk spora untuk waktu yang sangat lama. Misalnya dalam debu, tanah, serta kotoran hewan maupun manusia. Spora Clostridium tetani umumnya masuk ke tubuh melalui luka yang kotor contohnya luka akibat cedera, gigitan hewan, paku berkarat, atau luka bakar. Terdapat beberapa tipe tetanus, yaitu tetanus umum, terlokalisir, cephalic, dan neonatorum. Tipe terlokalisir dan cephalic termasuk jeni yang jarang terjadi.

  1. Tetanus dikatakan terlokalisir bila mengenai bagian tubUh tertentu yang akan mengalami kejang lokal. Ini terjadi ketika tubUh hanya memiliki kekebalan parsial terhadap racun tetanus dan bisa menjadi tetanus umum yang menyebar ke bagian tubuh lain.
  2. Tetanus cephalic terjadi akibat infeksi telinga tengah. Sama seperti tetanus terlokalisir, tetanus ini juga berpotensi menjadi tetanus umum.
  3. Sementara tetanus neonatorum adalah tetanus yang dialami oleh bayi baru lahir karena proses penanganan persalinan yang tercemar spora bakteri tetanus. Jenis tetanus ini dapat terjadi karena kekebalan tubuh sang bayi terhadap tetanus masih lemah.

Gejala Tetanus


Durasi sejak seseorang terpapar spora bakteri tetanus hingga muncul gejala (masa inkubasi) umunya membutuhkan waktu antara 4 hingga 14 hari. Gejala tetanus bisa berupa :

  • Kejang yang menyerupai kekakuan otot.
  • Kesulitan menelan jika kejang otot menyebar hingga ke leher.
  • Otot di sekitar perut terasa kaku.
  • Kejang yang menyakitkan diseluruh tubuh dan berlangsung selama beberapa menit. Gejala ini biasanya muncul dan dipicu oleh hal-hal kecil seperti suara nyaring, sentuhan, serta cahaya.
  • Kejang hebat yang terjadi pada seluruh tubuh. Gejala ini akan menyebabkan bagian punggung bawah tubuh melengkung ke atas.
  • Demam yang disertai keringat.
  • Tekanan darah yang naik.
  • Detak jantung berdetak cepat.

Penyebab Tetanus


Gambar terkait

Tetanus merupakan infeksi yang tergolong serius dan umumnya disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini dapat hidup lebih dari 40 tahun di luar tubuh manusia dalam bentuk spora. Apabila spora itu berada dalam luka kotor yang bersifat anaerob atau tidak ada oksigen, ia akan menjadi bakteri yang aktif, berkembang biak, dan melepaskan neurotoksin bernama tetanospasmin.

Adapun beberapa faktor resiko dan kondisi dibalik tetanus. Kondisi-kondisi ini dipercaya dapat meningkatkan resiko seseorang terinfeksi tetanus :

  • Belum menerima vaksinasi atau prosesnya tidak lengkap.
  • Keberadaan benda asing pada luka, misalnya serpihan kayu, karat, atau kuku.
  • Luka yang terpapar debu, kotoran hewan, atau tanah.
  • Luka penetrasi yang dalam, misalnya akibat tertusuk paku berkarat atau kotor.
  • Orang-orang yang menindik atau mentato tubuh dengan peralatan yang kurang steril.
  • Tali pusar bayi baru lahir yang mengalami infeksi karena sang ibu tidak divaksinasi tetanus secara memadai.

Berbahayakah Infeksi Tetanus?


Hasil gambar untuk waspada tetanusTetanus secara bahasa diambil dari bahasa yunani yaitu tetanos dari asal kata teinein yang berarti menegang. Infeksi tetanus sangat berbahaya karena bisa mengeluarkan racun toksin yang bersifat neurotoksik. Pada mulanya, infeksi tetanus akan menyebabkan kejang otot dan saraf perifer setempat. Tetani ini bisa muncul disebabkan oleh salah perawatan pada luka yang dalam. Bakteri tetani tersebut akan mengalami inkubasi di dalam tubuh manusia. Toksin ini dapat membunuh sel darah merah, menghancurkan leukosit, hingga terjadi ketegangan spaste otot. Bahaya tetanus yang mengerikan dapat terjadi pada seorang bayi atau pun anak kecil. Tetanus yang sering menyerang anak-anak adalah tetanus neonatorum. Jenis bakteri tetanus ini bahkan dapat menyebabkan kematian karena efek kejang, sianosis hingga berhentinya pernafasan anak. Bahkan hasil penelitian menyebutkan efek kematian yang disebabkan oleh tetanus mencapai 50%. Artinya, bagi usia anak yang pernah terinfeksi tetanus, separuh diantaranya meninggal dunia. Oleh karena itu, infeksi tetanus merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia.

Pencegahan Tetanus


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan tetanus bisa didapatkan melalui vaksin TT (Tetanus Toksoid) yang biasanya kepada wanita usia subur atau ibu hamil. Vaksin TT ini bermanfaat untuk mencegah tetanus pada bayi baru lahir dan juga pada ibu bayi. Bayi yang baru lahir dapat diserang oleh tetanus neonatorum. Tetanus ini timbul akibat kuman yang masuk melalui luka iris tali pusar karena penggunaan alat potong yang tidak steril. Bayi yang mengalami gejala tetanus biasanya mengalami peningkatan suhu tubuh, mulut bayi akan mencucu seperti mulut ikan. Hal ini adalh salah satu gejala yang paling umum. Untuk mencegah dan mengurangi angka kematian bayi maka diwajibkan memberikan imunisasi tetanus sebagai upaya untuk mencegah berkembangnya spora bakteri.

Baca juga : Obat Alami Atasi Tetanus Paling Ampuh 

Walatra G-Sea Jelly Gamat Original (MWGS) | Solusi Pengobatan Tetanus Paling Efektif & Aman

Selain dengan melakukan pencegahan di atas, penyakit tetanus juga dapat Anda lakukan dengan Walatra G-Sea Jelly Gamat Original sebagai Obat Alami Atasi Tetanus Paling Ampuh. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif penyembuhan penyakit tetanus. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Atasi Tetanus

Atau pesan langsung Obat Alami Atasi Tetanus :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Walatra Sehat Alami  
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments
About CS Walatra Herbal 245 Articles
Pusat Penjualan Produk Berkah Walatra